Latest Post

Random Posts

Rabu, 18 Mei 2016

Argumen administrasi publik yang terjadi di daerah/desa saya




Nama               : Irfan Hidayat
No Mahasiswa            : 13520103
Mata Kuliah    : Dasar-Dasar Administrasi Publik
Paralel             : IP4L
Argumen administrasi publik yang terjadi di daerah/desa saya, dengan mengalisis apa yang sebenarnya terjadi di daerah/Desa saya ialah:
Administration By Publik yang dalam jelasnya diartikan sebagai suatu konsep yang sangat berorientasi kepada pemberdayaan masyarakat, mengutamakan kemandirian dan kemampuan masyarakat, karena pemerintah memberi kesempatan pada masyarakat.
Disini saya merasa di daerah saya peran pemerintah itu sudah cukup baik dengan memberi kesempatan pada masyarakat lokal/desa, agar bisa berorganisasi dengan baik dengan contoh pemerintah menyediakan lembaga, organisasi, maupun kelompok-kelompok kemasyarakatan yang dikelola langsung oleh masyarakat disitu seperti : Koprasi Desa, PNPM Mandiri, PPK, Kelompok Tani Desa, dan banyak lagi lainnya.

Jelas dengan adanya lembaga, organisasi, maupun kelompok-kelompok kemasyarakatan diatas yang dikelola secara langsung atau mandiri, dan semua itu bertujuan agar masyarakat bisa berorganisasi dan bisa meningkatkan sumber daya manusia yang lebih berpotensi, karna tujuan pemerintah tiada lain ialah sangat berorientasi pada pemberdayaan masyarakat guna untuk lebih meningkatkan SDM yang mandiri, berpotensi, dan berintegritas tinggi.
Sebagaimana dijelaskan dalam UU RI NO. 6 THN 2014 TENTANG DESA, BAB 1 Pasal 1 No. 12 yaitu     pemberdayaan masyarakat desa adalah upaya mengembangkankemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap keterampilan, prilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanpaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat desa.
Disebutkan juga dana untuk desa 1,5 milyar pertahun guna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan segala upaya yang nantinya untuk kepentingan/kebutuhan masyarakat untuk mengelola kekayaan alam yang ada di desa tersebut.

Argumen administrasi publik yang terjadi di daerah/desa saya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: IrfanHD

0 komentar:

Posting Komentar