Latest Post

Random Posts

Kamis, 19 Mei 2016

just skripsi MPS





Nama                   : Irfan Hidayat
No. Mahasiswa    : 13520103
Kelas/Paralel       : IP4L
Tentang               : Tugas akhir Metode Penelitian Sosial

v  Foto Cover Skripsi                :

v  Judul skripsi                          :Waktu Sosial Perspektif Emile Durkheim
v  Nama Penyusun Skripsi       :Fuad Ardlin
v  Asal Kampus Penyusun       :UIN Sunan kalijaga Yogyakarta
v  No. Skripsi & Tanggal          :09.00068   /Th...
F-Mar 2011
v  Nama Perpustakaan             : Perpustakaan UIN Sunan kalijagaYogyakarta
v Metode Penelitian              :
Penelitian ini merupakan riset kepustakaan. Riset pustaka, mengutip Mestika Zed adalah “studi pendahuluan (prelimanry research) untuk memaham lebih dalam gejala baru yang telah berkembang di lapangan atau dalam masyarakat” Selanjutnya Mestika Zed mengemukakan “riset pustaka tentu saj tidak hanya sekedar urusan membaca dan mencatat literatur atau buku sebagai mana yang sering dipahami banyak orang selama ini. Apa yang disebut dengan riset kepustakaan atau sering juga disebut studi pustaka, ialah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumalan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian”.
Tulisan ini diangkan dari studi teoritik mengenai pemikiran dan konseptualisasi pemikiran pada suatu permasalahan. Oleh karena itu, peneliti  akan menelusuri karya-karya yang mengulas tema-tema terkait. Pengumpulan data utamanya difokuskan pada sumber-sumber utama. Model ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai struktur, proses dan hubungan-hubungan yang terkait dengan tema penelitian. Buku the rule of sociological method.
Menjadi rujukan utama untuk menelusuri gagasan teoritis Durkheim, beberapa karya Durkheim lainnya dijadikan sebagai sumber pendamping. Karya tulis dan sumber informasi mengenai waktu juga menjadi rujukan. Kemudian, mengolah berbagai informasi tersebut  untuk menjawab persoalan tersebut yang dikemukakan dalam penelitian.
Studi pustaka adalah studi yang berpijak pada teks. Melalui teks inilah interpretasi diarahkan untuk menemukan makna di balik teks. Metode semacam ini bisa disebut hermeneutika, “Hermeneutika adalah metode tentang analisis dan praktik penafsiran terhadap teks”. Dalam pandangan Paul Ricoeur, hermeneutika merupakan suatu teori tentang bekerjanya pemahaman dalam menafsirkan teks, pembaca dan pengarang berdiri sejajar untuk menafsirkan teks, artinya, teks atau tulisan bebas untuk didekonteksualisasi dan direkontekstualisasi. Saat teks dibaca dan dipahami, maka teks akan keluar dari makssud pengarang. Kemudian akan terbentuk suatu makna baru sebagai akibat pertautan antara persfektip dan pemahaman pembaca dan penafsiran atas suatu teks.
Berdasarkan masalah yang akan dikaji, maka pendekatan deskriptif yang bersifat analisis kualitatif merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Pendekatan tersebut dapat digolongkan ke dalam model penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang tidak menggukan instrumen-instrumen angka. Melalui metode-metode yang telah dikemukakan penulis menyusun suatu kerangka kerja penelitian.






















just skripsi MPS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: IrfanHD

0 komentar:

Posting Komentar