Latest Post

Random Posts

Kamis, 19 Mei 2016

ULASAN NEGARA MEXICO




ULASAN
NEGARA MEXICO

Makalah ini diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pemerintahan
Disusun oleh :
ü IRFAN HIDAYAT
ü 13520103
ü IP4L

PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA
SEKOLAH TINGGI PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA “APMD”
Jalan Timoho 317, Yogyakarta 55225 Indonesia eMail info@apmd.ac.id
Telp. +62 274 561971 - Fax. +62 274 51598
 

BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
Negara merupakan suatu bentuk kehidupan bersama, suatu organisasi dari sejumlah manusia yang memiliki tujuan bersama.
Hal ini memungkinkan pengambil keputusan untuk lebih sepenuhnya menghargai dan memahami masalah, termasuk melihat masalah-masalah yang tidak dapat dilihat orang lain, namum kenyataannya banyak suatu negara dalam pengambilan keputusan tidak memperhatikan rakyatnya dengan baik. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar suatu negara dapat berperan dengan baik, antara lain:
1             Yang menjadi dasar utama dalam efektivitas suatu negara bukanbagaimana suatu negara bisa mewujudkan apa yang telah menjadi tujuan bersama dalam suatu negara melainkan bagaimana suatu sitem pemerintahan bisa berperan dan bertindak dengan baik.
2             Efektivitas suatu negara tercermin dari kemampuan untuk tumbuh dan terus berkembang.
3             Kehidupan organisasi yang dinamis dan serasi dapat tercipta suatu negara bila setiap organisasi atau lembaga-lembaga negara mau menyesuaikan cara berfikir dan bertindaknya untuk mencapai suatu tujuan negara dengan baik tanpa ada pihak yang dirugikan.

1.2         Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan di atas, maka masalah tugas  ini dapat dirumuskan dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut
1.            Apa bentuk negara Mexico ?
2.            Bagaimana sistem pemerintahan Mexico?
3.            Bagaimana struktur organisasi pemerintahan Mexico?
4.            Bagaimana sistem politik atau pemilu di Mexico tentang kepala negara dan bidang legislatifnya ?
5.            Apa kelebihan dan kekurangan negara Mexico atas ulasan dari pertanyaan di atas ?

1.3 Tujuan
Dalam penulisan tugas ini saya mempunyai tujuan yang diantaranya yaitu :
1.            Untuk menambah pengetahuan saya dan pembacamengenai bentuk negara, sistem pemerintahan, struktur organisasi, sistem politik atau pemilu tentang kepala negara dan bidang legislatifnya, kelebihan dan kekurangan di negara Mexico.
1.4 Metode Pengumpulan Data
Dalam pembuatan tugas ini saya menggunakan beberapa metode dalam melakukan pengumpulan data diantaranya yaitu :
1.            Dengan mencari informasi dari internet tentang ulasan negara Mexico.
2.            Dengan mencari informasi dari buku-buku yang berhubungan tentang ulasan negara Mexico.
3.            Dengan bertanya kepada orang-orang  yang ahli dan lebih mengetahui tentang ulasan negara Mexico.





BAB II
PEMBAHASAN
11.1 Bentuk Negara Mexico
Bentuk Pemerintahan Adalah republic, kepala Negara dan kepala pemerintahan adalah Presiden. Meksiko terdiri dari 31 negara bagian dan 1 distrik federal.
Pada tahun 1824, Meksiko mengumumkan Undang-undang Dasar perdana setelah merdeka. Pada tanggal 5 Februari tahun 1917 mengumumkan UUD Meksiko yang meningkatkan kekuasaan negara dan pemerintah. UUD tersebut diberlakukan mulai tanggal 1 Mei tahun 1917 sampai sekarang. Selama masa itu, UUD seluruhnya direvisi sekitar 200 kali. Menurut ketentuan UUD tersebut, Federal Meksiko melaksanakan sistem presidensial trias politika, presiden dipilih langsung dalam pemilu dengan masa jabatan 6 tahun, tapi tidak boleh terpilih kembali seumur hidup. Presiden adalah kepala negara dan pemerintah, mengusai hak administrasi tertinggi negara. Parlemen federal yang terdiri dari Senat dan Dewan Perwakilan adalah badan legislatif tertinggi negara. Kabinet adalah badan administrasi pemerintah yang dipimpin langsung presiden. Berbagai negara bagian Meksiko memberlakukan undang-undang masing-masing, namun kekuasaan negara bagian diikat oleh UUD
Nama Asli                              : Estados Unidos Mexicanos
Luas Wilayah                       : 1.978.800 km2
Bentuk Negara                     : Federal
Ideologi                                  : Liberalisme
Kepala Negara                     : Presiden
Kepala Pemerintahan         : Presiden
Ibukota                                   : Mexico City
Hari Kemerdekaan              : Tanggal 16 September (tahun 1810)
Agama                                   : Katolik 97%, Protestan 2%
Bahasa Nasional                 : Spanyol
Mata Uang                            : Peso
Lagu Kebangsaan               : “Mexicanos Al grits guera”
Semboyan negara Mexico : PATRIA LIBERTAD TRABAJO Y CULTURA
Hasil Tani                              :Jagung,kopi,katun, gula, coklat, sisal, pisang
Sumber Alam                        :Minyak,perak,tembaga,emas,timah,seng, gas, kayu
Industri                                   : Baja, kimia, elektronik, tekstil, semen
Hari Kemerdekaan              :Tanggal 16 September (tahun 1810)
11.2Sistem Pemerintahan

Konstitusi 1917 memperuntukkan sebuah pemerintahan PersekutuanRepublik dengan kekuasaan yang dibagikan kepada tiga institusi yang bebas yaitu eksekutif, legislatif, dan kehakiman. Dari segi sejarah, eksekutif sangat mendominasi kekuasaan lewat jabatan presiden. Sedang, kekuasaan hukum dalam Kongres tinggal mengikuti arahannya saja. Kongres terlihat aktif kembali sejak 1997 ketika partai oposisi tampil pertama dalam mayoritas legislatif.
Namun demikian, sejak partai oposisi mengambil alih kekuasaan pada 1997, Kongres semakin bebas dalam menggubal undang-undang. Presiden juga mempunyai kuasa di bawah perintah eksekutif untuk merancang undang-undang dalam bidang ekonomi dan keuangan yang tertentu. Presiden dipilih setiap enam tahun dan dia dilarang memegang jabatan yang sama untuk penggal kedua. Di Meksiko, tiada jabatan wakil presiden. Sekiranya seseorang Presiden itu dilucutkan jabatan atau meninggal dunia, Kongres akan melantik seorang Presiden Sementara.
Pada 21 Juli 2000, Vicente Fox Quesada dari partai oposisi “Aliansi untuk Perubahan“, yang diketuai oleh Partai Aksi Nasional (PAN), telah dipilih sebagai Presiden dalam satu pemilu yang dianggap terbersih dan paling bebas dalam sejarah Meksiko. Fox memulai penggal enam tahunnya pada 1 Desember 2000. Kemenangannya telah mengakhiri dominasi Parti Institusi Revolusi (PRI) selama 71 tahun sebagai partai pemerintah.
Pada 2006, Felipe Calderón Hinojosa yang diusung PAN berhadapan dengan Andrés Manuel López Obrador yang dicalonkan PRD dalam sebuah pemilu tertutup. Pada 6 September2006, Felipe Calderón Hinojosa dinyatakan memenangi Pemilu Presiden Meksiko dalam electoral tribunal.
Sejak 1943, lagu kebangsaan Meksiko mengandung chorus, stanza pertama, stanza kelima, stanza keenam, dan stanza kesepuluh. Ketika lagu kebangsaan diputar pada saat ajang olahraga seperti olimpiade, bagian yang diputar hanyalah chorus, stanza pertama, dan chorus.
Mexico terletak di Amerika Utara.  Secara geografis letak Mexico sangat strategis, yaitu merupakan jembatan penghubung antara Amerika Serikat dan Amerika Latin.  Karena itulah, Mexico kaya akan budaya dengan berbagai macam bahasa, pakaian, adat dan makanan.  Sehingga untuk mengidentifikasikan penduduknya pemerintah membaginya berdasarkan bahasa yang di gunakan.
Lambang ini mengabadikan kisah berdirinya kota Mexico City, yang saat itu bernama Tenochtitlan. Legenda ini berkisah tentang bangsa Meksika atau juga dikenal dengan nama bangsa Aztek, yang melihat adegan elang dan ular di atas kaktus, kejadian ini dijadikan pertanda dari dewa bahwa di tempat inilah lokasi terbaik berdirinya ibu kota baru mereka. Legenda Tenochtitlan tercantum dalam naskah asli Kodeks Mexica, lukisan, dan kodeks pasca-Cortes yang menghilangkan bagian ularnya.
Konstitusi 1917 memberikan sebuah republik federal dengan kekuasaan dipisahkan menjadi eksekutif independen, legislatif, dan yudikatif. Secara historis, eksekutif telah menjadi cabang dominan, dengan kekuasaan dipegang oleh presiden, yang Mengumumkan dan mengeksekusi hukum Kongres. Kongres telah memainkan peran yang semakin penting sejak tahun 1997, ketika partai-partai oposisi pertama membuat keuntungan besar. Presiden juga melegalkan oleh keputusan eksekutif di bidang ekonomi dan keuangan tertentu, dengan menggunakan kekuasaan yang dilimpahkan oleh Kongres. Presiden dipilih oleh hak pilih universal orang dewasa untuk jangka waktu 6 tahun dan mungkin tidak memegang jabatan kedua kalinya. Tidak ada wakil presiden, dalam hal pemindahan atau kematian presiden, presiden sementara dipilih oleh Kongres.
Kongres terdiri dari Senat dan Chamber of Deputies’. Senator dipilih untuk 6-tahun istilah, dan deputi melayani 3-tahun. 128 kursi Senat diisi oleh campuran perwakilan langsung-pemilu dan proporsional. Di majelis rendah, 300 wakil secara langsung dipilih untuk mewakili distrik anggota tunggal, dan 200 yang dipilih oleh suatu bentuk modifikasi dari representasi proporsional dari lima daerah pemilihan.. Para 200 kursi perwakilan proporsional diciptakan untuk membantu partai-partai kecil mendapatkan akses ke Kamar.
Peradilan ini dibagi ke dalam sistem pengadilan federal dan negara, dengan pengadilan-pengadilan federal memiliki yurisdiksi atas kasus-kasus sipil dan beberapa kejahatan yang paling utama. Menurut konstitusi, percobaan dan hukuman harus diselesaikan dalam waktu 12 bulan penangkapan untuk kejahatan yang akan membawa setidaknya hukuman 2-tahun. In practice, the judicial system often does not meet this requirement. Dalam prakteknya, sistem peradilan sering tidak memenuhi persyaratan ini. Terdakwa memiliki hak untuk nasihat, dan pembela umum yang tersedia. Hak-hak lainnya termasuk pertahanan terhadap memberatkan diri sendiri, hak untuk menghadapi penuduh seseorang, dan hak untuk pengadilan public. Hakim Mahkamah Agung diangkat oleh presiden dan disetujui oleh Senat.




11.3      Struktur Organisasi Pemerintahan Mexico
Republikkonstitusionalfederal, di mana Presiden (kepala negara dan kepala pemerintahan), Kongres, dan lembaga peradilan berbagi kekuasaan yang melekat pada pemerintah nasional, dan pemerintah federal berbagi kedaulatan dengan pemerintah-pemerintah negara bagian.
Cabang eksekutif dikepalai oleh Presiden dan tidak memiliki kebergantungan terhadap cabang legislatif. Kekuasaan legislatif berada pada dua kamar Kongres, Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat. Cabang yudikatif (atau peradilan), terdiri atas Mahkamah Agung dan pengadilan-pengadilan federal yang lebih rendah kedudukannya, menjalankan kekuasaan yudikatif (atau peradilan). Fungsi peradilan adalah untuk menafsirkan konstitusi dan hukum-hukum federal dan peraturan-peraturan yang berlaku di Amerika Serikat. Hal ini termasuk menyelesaikan sengketa antara cabang-cabang eksekutif dan legislatif. Susunan dan kedudukan pemerintah federal dijelaskan di dalam konstitusi. Dua partai politik, Partai Demokrat dan Partai Republik, mendominasi politik di Amerika sejak perang saudara, meskipun partai-partai lain juga ada.
Terdapat dua perbedaan utama antara sistem politik yang dijalankan di Mexico dan di sebagian besar negara-negara demokrasi maju lainnya. Hal ini meliputi bertambahnya kekuasaan majelis tinggi di cabang legislatif, sebuah cakupan kekuasaan yang lebih luas dipegang oleh Mahkamah Agung, pemisahan kekuasaan antara cabang legislatif dan eksekutif, dan dominasi dua partai politik Mexico adalah salah satu negara demokratis maju di dunia, di mana partai-partai ketiga memiliki pengaruh politik yang kecil.
Entitas federal yang diciptakan oleh Konstitusi Amerika Serikat adalah fitur dominan sistem pemerintahan Amerika. Tetapi, sebagian besar rakyat menjadi subjek bagi pemerintah negara bagian, dan semuanya adalah subjek bagi berbagai unit pemerintah daerah. Pemerintah daerah yang dimaksud adalah county (setara kabupaten), munisipalitas, dan distrik khusus.
Tumpang tindihnya wilayah hukum ini mencerminkan sejarah Mexico. Pemerintah federal diciptakan oleh negara-negara bagian, sejak koloni-koloni didirikan secara terpisah dan memerintah wilayah masing-masing, merdeka satu sama lain. Satuan-satuan pemerintah daerah diciptakan oleh koloni-koloni untuk menjalankan fungsi-fungsi tertentu negara bagian. Seiring meluasnya negara ini, pemerintah federal menganjurkan agar negara-negara bagian baru meniru sistem yang telah ada.
11.4      Sistem Politik/Pemilu di mexico
Parlimen Mexico adalah dwidewan: Kongres Nasional atau Congreso de la Union yang terdiri dari Senat atau Camara de Senadores (128 kerusi; 96 ahlinya dipilih melalui undi popular serta berkhidmat selama penggal enam tahun, dan 32 kerusi diberi berdasarkan undian popular dalam setiap parti politik) dan Dewan Persekutuan atau Camara Federal de Diputados (500 kerusi; di mana 300 ahlinya dipilih menerusi undian popular; dan 200 ahli selebihnya diambil berdasarkan undian popular dalam setiap parti politik; untuk berkhidmat selama penggal tiga tahun.
11.5      Kelebihan Dan Kekurangan
Kelebihannya sebagai berikut :
·                     Badan eksekutif lebih stabil kedudukannya.
·                     Masa jabatan badan eksekutif lebih dengan jangka waktu tertentu.
·                     Penyusunan progam kerja kabinet mudah disesuaikan dengan jangka waktu masa jabatannya
Adapun kekurangannya antara lain:
·                     Sistem pertanggung jawabannya kurang jelas.
·                     Kekuasaan eksekutif di luar pengawasan langsung legislatif sehingga dapat menciptakan kekuasaan mutlak.

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Pemerintahan :
No.
SISTEM PARLEMENTER
KELEBIHAN
KELEMAHAN
1.
Mudah tercapai kesesuaian pendapat antara legislatif dan eksekutif sehingga pembuatan kebijakan cepat tertangani.
Masa jabatan kabinet tidak dapat ditentukan dengan pasti karena tergantung dukungan mayoritas parlemen.
2.
Garis tanggung jawab dalam pembuatan dan pelaksanaan kebijakan publik jelas.
Parlemen menjasdi tempat kaderisasi bagi jabatan eksekutif.
3.
Adanya pengawasan yang kuat dari parlemen terhadap kabinet sehingga kabinet berhati-hati dalam mengerjakan tugas.
Kebijakan negara cenderung labil dan program kabinet sering tidak selesai sesuai waktu yang ditentukan.
No.
SISTEM PRESIDENSIIL
KELEBIHAN
KELEMAHAN
1.
Badan eksekutif lebih stabil kedudukannnya karena tidak tergantung parlemen.
Pengawasan legislatif lebih rendah sehingga memungkinkan kekuasaan mutlak.
2.
Masa jabatan eksekutif lebih jelas dalam jangka waktu tertentu.
Sistem pertanggung jawabannya kurang jelas.
3.
Program kerja kabinet dapat disesuaikan dengan masa jabatan kabinet.
Pembuatan kebijakan pada umumnya hasil tawar menawar antara eksekutif dan legislatif sehingga memerlukan waktu lama dan kadang keputusannya kurang tegas.
4.
Legislatif bukan tempat kaderisasi untuk jabatan eksekutif karena dapat diisi oleh orang luar termasuk anggota parlemen



















DAFTAR PUSTAKA

ULASAN NEGARA MEXICO Rating: 4.5 Diposkan Oleh: IrfanHD

0 komentar:

Posting Komentar