ULASAN
NEGARA MEXICO
Makalah ini diajukan untuk
memenuhi tugas mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pemerintahan
Disusun
oleh :
ü IRFAN
HIDAYAT
ü 13520103
ü IP4L
PEMERINTAH
KOTA YOGYAKARTA
SEKOLAH
TINGGI PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA “APMD”
Jalan
Timoho 317, Yogyakarta 55225 Indonesia eMail info@apmd.ac.id
Telp. +62 274 561971 - Fax. +62 274 51598
Telp. +62 274 561971 - Fax. +62 274 51598
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Negara merupakan suatu bentuk kehidupan bersama, suatu
organisasi dari sejumlah manusia yang memiliki tujuan bersama.
Hal ini
memungkinkan pengambil keputusan untuk lebih sepenuhnya menghargai dan memahami
masalah, termasuk melihat masalah-masalah yang tidak dapat dilihat orang lain,
namum kenyataannya banyak suatu negara dalam
pengambilan keputusan tidak memperhatikan rakyatnya
dengan baik. Ada
beberapa hal yang perlu diperhatikan agar suatu negara dapat berperan dengan baik, antara lain:
1
Yang menjadi dasar utama
dalam efektivitas suatu
negara bukanbagaimana
suatu negara bisa mewujudkan apa yang telah menjadi tujuan bersama dalam suatu
negara melainkan bagaimana suatu sitem pemerintahan bisa berperan dan bertindak
dengan baik.
2
Efektivitas suatu negara tercermin dari kemampuan
untuk tumbuh dan terus berkembang.
3
Kehidupan organisasi yang
dinamis dan serasi dapat tercipta suatu
negara bila setiap organisasi
atau lembaga-lembaga negara mau menyesuaikan cara
berfikir dan bertindaknya untuk mencapai suatu tujuan negara dengan baik tanpa ada pihak yang dirugikan.
1.2
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang telah dikemukakan di atas, maka masalah tugas ini dapat dirumuskan dalam bentuk pertanyaan
sebagai berikut
1.
Apa
bentuk negara Mexico ?
2.
Bagaimana
sistem pemerintahan Mexico?
3.
Bagaimana
struktur organisasi pemerintahan Mexico?
4.
Bagaimana
sistem politik atau pemilu di Mexico tentang kepala negara dan bidang
legislatifnya ?
5.
Apa
kelebihan dan kekurangan negara Mexico atas ulasan dari pertanyaan di atas ?
1.3 Tujuan
Dalam penulisan tugas ini saya mempunyai tujuan yang diantaranya yaitu :
1.
Untuk menambah
pengetahuan saya dan pembacamengenai bentuk negara, sistem pemerintahan, struktur
organisasi, sistem politik atau pemilu tentang kepala negara dan bidang
legislatifnya, kelebihan dan kekurangan di negara Mexico.
1.4 Metode Pengumpulan Data
Dalam
pembuatan tugas ini
saya menggunakan beberapa metode dalam
melakukan pengumpulan data diantaranya yaitu :
1.
Dengan mencari informasi dari internet tentang ulasan negara Mexico.
2.
Dengan mencari informasi dari buku-buku yang berhubungan tentang ulasan negara Mexico.
3.
Dengan bertanya kepada orang-orang yang ahli dan lebih
mengetahui tentang ulasan negara
Mexico.
BAB
II
PEMBAHASAN
11.1
Bentuk Negara Mexico
Bentuk
Pemerintahan Adalah republic, kepala Negara dan kepala pemerintahan adalah
Presiden. Meksiko terdiri dari 31 negara bagian dan 1 distrik federal.
Pada tahun
1824, Meksiko mengumumkan Undang-undang Dasar perdana setelah merdeka. Pada
tanggal 5 Februari tahun 1917 mengumumkan UUD Meksiko yang meningkatkan
kekuasaan negara dan pemerintah. UUD tersebut diberlakukan mulai tanggal 1 Mei
tahun 1917 sampai sekarang. Selama masa itu, UUD seluruhnya direvisi sekitar
200 kali. Menurut ketentuan UUD tersebut, Federal Meksiko melaksanakan sistem
presidensial trias politika, presiden dipilih langsung dalam pemilu dengan masa
jabatan 6 tahun, tapi tidak boleh terpilih kembali seumur hidup. Presiden
adalah kepala negara dan pemerintah, mengusai hak administrasi tertinggi
negara. Parlemen federal yang terdiri dari Senat dan Dewan Perwakilan adalah
badan legislatif tertinggi negara. Kabinet adalah badan administrasi pemerintah
yang dipimpin langsung presiden. Berbagai negara bagian Meksiko memberlakukan
undang-undang masing-masing, namun kekuasaan negara bagian diikat oleh UUD
Nama Asli : Estados Unidos
Mexicanos
Luas Wilayah : 1.978.800 km2
Bentuk
Negara : Federal
Ideologi : Liberalisme
Kepala
Negara : Presiden
Kepala
Pemerintahan : Presiden
Ibukota : Mexico City
Hari
Kemerdekaan : Tanggal 16
September (tahun 1810)
Agama : Katolik
97%, Protestan 2%
Bahasa
Nasional : Spanyol
Mata Uang : Peso
Lagu
Kebangsaan : “Mexicanos Al
grits guera”
Semboyan
negara Mexico : PATRIA LIBERTAD TRABAJO Y
CULTURA
Hasil Tani :Jagung,kopi,katun,
gula, coklat, sisal, pisang
Sumber Alam :Minyak,perak,tembaga,emas,timah,seng,
gas, kayu
Industri : Baja,
kimia, elektronik, tekstil, semen
Hari
Kemerdekaan :Tanggal 16
September (tahun 1810)
11.2Sistem Pemerintahan
Konstitusi 1917 memperuntukkan sebuah pemerintahan PersekutuanRepublik dengan
kekuasaan yang dibagikan kepada tiga institusi yang bebas yaitu eksekutif, legislatif, dan kehakiman. Dari segi
sejarah, eksekutif sangat mendominasi kekuasaan lewat jabatan presiden. Sedang,
kekuasaan hukum dalam Kongres tinggal mengikuti arahannya saja. Kongres
terlihat aktif kembali sejak 1997 ketika partai oposisi tampil pertama dalam
mayoritas legislatif.
Namun demikian, sejak partai oposisi mengambil alih kekuasaan pada 1997,
Kongres semakin bebas dalam menggubal undang-undang. Presiden
juga mempunyai kuasa di bawah perintah eksekutif untuk merancang undang-undang dalam
bidang ekonomi dan keuangan yang tertentu. Presiden dipilih setiap enam tahun
dan dia dilarang memegang jabatan yang sama untuk penggal kedua. Di Meksiko,
tiada jabatan wakil presiden. Sekiranya seseorang Presiden itu dilucutkan
jabatan atau meninggal dunia, Kongres akan melantik seorang Presiden Sementara.
Pada 21 Juli 2000, Vicente Fox
Quesada dari partai oposisi “Aliansi untuk Perubahan“, yang
diketuai oleh Partai Aksi Nasional (PAN), telah dipilih sebagai Presiden dalam
satu pemilu yang
dianggap terbersih dan paling bebas dalam sejarah Meksiko. Fox memulai penggal
enam tahunnya pada 1 Desember 2000. Kemenangannya telah mengakhiri dominasi Parti Institusi Revolusi (PRI)
selama 71 tahun sebagai partai pemerintah.
Pada 2006, Felipe Calderón Hinojosa yang
diusung PAN berhadapan dengan Andrés Manuel López Obrador yang dicalonkan PRD dalam sebuah pemilu tertutup.
Pada 6 September2006, Felipe Calderón Hinojosa dinyatakan
memenangi Pemilu Presiden Meksiko dalam electoral
tribunal.
Sejak 1943, lagu kebangsaan Meksiko mengandung chorus, stanza pertama,
stanza kelima, stanza keenam, dan stanza kesepuluh. Ketika lagu kebangsaan
diputar pada saat ajang olahraga seperti olimpiade, bagian
yang diputar hanyalah chorus, stanza pertama, dan chorus.
Mexico terletak di Amerika Utara. Secara geografis letak Mexico
sangat strategis, yaitu merupakan jembatan penghubung antara Amerika Serikat
dan Amerika Latin. Karena itulah, Mexico kaya akan budaya dengan berbagai
macam bahasa, pakaian, adat dan makanan. Sehingga untuk
mengidentifikasikan penduduknya pemerintah membaginya berdasarkan bahasa yang
di gunakan.
Lambang ini mengabadikan kisah berdirinya kota Mexico City, yang saat itu
bernama Tenochtitlan. Legenda ini berkisah tentang bangsa Meksika atau juga
dikenal dengan nama bangsa Aztek, yang melihat adegan elang dan ular di atas
kaktus, kejadian ini dijadikan pertanda dari dewa bahwa di tempat inilah lokasi
terbaik berdirinya ibu kota baru mereka. Legenda Tenochtitlan tercantum dalam
naskah asli Kodeks Mexica, lukisan, dan kodeks pasca-Cortes yang menghilangkan
bagian ularnya.
Konstitusi 1917 memberikan sebuah republik federal dengan kekuasaan
dipisahkan menjadi eksekutif independen, legislatif, dan yudikatif. Secara
historis, eksekutif telah menjadi cabang dominan, dengan kekuasaan dipegang
oleh presiden, yang Mengumumkan dan mengeksekusi hukum Kongres. Kongres telah
memainkan peran yang semakin penting sejak tahun 1997, ketika partai-partai
oposisi pertama membuat keuntungan besar. Presiden juga melegalkan oleh
keputusan eksekutif di bidang ekonomi dan keuangan tertentu, dengan menggunakan
kekuasaan yang dilimpahkan oleh Kongres. Presiden dipilih oleh hak pilih
universal orang dewasa untuk jangka waktu 6 tahun dan mungkin tidak memegang
jabatan kedua kalinya. Tidak ada wakil presiden, dalam hal pemindahan atau
kematian presiden, presiden sementara dipilih oleh Kongres.
Kongres terdiri dari Senat dan Chamber of Deputies’. Senator dipilih untuk
6-tahun istilah, dan deputi melayani 3-tahun. 128 kursi Senat diisi oleh
campuran perwakilan langsung-pemilu dan proporsional. Di majelis rendah, 300
wakil secara langsung dipilih untuk mewakili distrik anggota tunggal, dan 200
yang dipilih oleh suatu bentuk modifikasi dari representasi proporsional dari
lima daerah pemilihan.. Para 200 kursi perwakilan proporsional diciptakan untuk
membantu partai-partai kecil mendapatkan akses ke Kamar.
Peradilan ini dibagi ke dalam sistem pengadilan federal dan negara, dengan
pengadilan-pengadilan federal memiliki yurisdiksi atas kasus-kasus sipil dan
beberapa kejahatan yang paling utama. Menurut konstitusi, percobaan dan hukuman
harus diselesaikan dalam waktu 12 bulan penangkapan untuk kejahatan yang akan membawa
setidaknya hukuman 2-tahun. In practice, the judicial system often does not
meet this requirement. Dalam prakteknya, sistem peradilan sering tidak memenuhi
persyaratan ini. Terdakwa memiliki hak untuk nasihat, dan pembela umum yang
tersedia. Hak-hak lainnya termasuk pertahanan terhadap memberatkan diri
sendiri, hak untuk menghadapi penuduh seseorang, dan hak untuk pengadilan
public. Hakim Mahkamah Agung diangkat oleh presiden dan disetujui oleh Senat.
11.3
Struktur
Organisasi Pemerintahan Mexico
Republikkonstitusionalfederal,
di mana Presiden (kepala negara dan
kepala pemerintahan),
Kongres,
dan lembaga
peradilan berbagi kekuasaan
yang melekat pada pemerintah nasional, dan pemerintah federal
berbagi kedaulatan
dengan pemerintah-pemerintah negara bagian.
Cabang
eksekutif dikepalai oleh Presiden dan tidak
memiliki kebergantungan terhadap cabang legislatif. Kekuasaan legislatif berada
pada dua kamar Kongres, Senat dan
Dewan Perwakilan Rakyat.
Cabang yudikatif (atau peradilan), terdiri atas Mahkamah Agung
dan pengadilan-pengadilan federal yang lebih rendah kedudukannya, menjalankan kekuasaan
yudikatif (atau peradilan). Fungsi peradilan
adalah untuk menafsirkan konstitusi
dan hukum-hukum federal
dan peraturan-peraturan yang berlaku di Amerika Serikat. Hal ini termasuk
menyelesaikan sengketa antara cabang-cabang eksekutif dan legislatif. Susunan
dan kedudukan pemerintah federal dijelaskan di dalam konstitusi. Dua partai politik,
Partai Demokrat
dan Partai Republik,
mendominasi politik di Amerika sejak perang saudara,
meskipun partai-partai
lain juga ada.
Terdapat
dua perbedaan utama antara sistem politik yang dijalankan di Mexico dan di
sebagian besar negara-negara demokrasi
maju lainnya. Hal ini meliputi bertambahnya kekuasaan majelis tinggi di cabang
legislatif, sebuah cakupan kekuasaan yang lebih luas dipegang oleh Mahkamah Agung,
pemisahan kekuasaan
antara cabang legislatif dan eksekutif, dan dominasi dua partai politik Mexico
adalah salah satu negara demokratis maju di dunia, di mana partai-partai ketiga
memiliki pengaruh politik yang kecil.
Entitas
federal yang diciptakan oleh Konstitusi Amerika Serikat adalah fitur dominan
sistem pemerintahan Amerika. Tetapi, sebagian besar rakyat menjadi subjek bagi
pemerintah negara bagian,
dan semuanya adalah subjek bagi berbagai unit pemerintah daerah. Pemerintah
daerah yang dimaksud adalah county
(setara kabupaten), munisipalitas, dan distrik khusus.
Tumpang
tindihnya wilayah hukum ini mencerminkan sejarah Mexico. Pemerintah federal
diciptakan oleh negara-negara bagian, sejak koloni-koloni
didirikan secara terpisah dan memerintah wilayah masing-masing, merdeka satu
sama lain. Satuan-satuan pemerintah daerah diciptakan oleh koloni-koloni untuk
menjalankan fungsi-fungsi tertentu negara bagian. Seiring meluasnya negara ini,
pemerintah federal menganjurkan agar negara-negara bagian baru meniru sistem yang
telah ada.
11.4
Sistem
Politik/Pemilu di mexico
Parlimen Mexico
adalah dwidewan: Kongres
Nasional atau Congreso de la Union
yang terdiri dari Senat atau Camara de
Senadores (128 kerusi; 96 ahlinya dipilih melalui undi popular serta
berkhidmat selama penggal enam tahun, dan 32 kerusi diberi berdasarkan undian
popular dalam setiap parti politik) dan Dewan
Persekutuan atau Camara Federal de
Diputados (500 kerusi; di mana 300 ahlinya dipilih menerusi undian
popular; dan 200 ahli selebihnya diambil berdasarkan undian popular dalam
setiap parti politik; untuk berkhidmat selama penggal tiga tahun.
11.5
Kelebihan Dan Kekurangan
Kelebihannya sebagai berikut :
·
Badan eksekutif lebih stabil kedudukannya.
·
Masa jabatan badan eksekutif lebih dengan jangka waktu
tertentu.
·
Penyusunan progam kerja kabinet mudah disesuaikan dengan
jangka waktu masa jabatannya
Adapun kekurangannya antara lain:
·
Sistem pertanggung jawabannya kurang jelas.
·
Kekuasaan eksekutif di luar pengawasan langsung
legislatif sehingga dapat menciptakan kekuasaan mutlak.
Kelebihan
dan Kelemahan Sistem Pemerintahan :
No.
|
SISTEM PARLEMENTER
|
|
KELEBIHAN
|
KELEMAHAN
|
|
1.
|
Mudah tercapai kesesuaian pendapat antara
legislatif dan eksekutif sehingga pembuatan kebijakan cepat tertangani.
|
Masa jabatan kabinet tidak dapat ditentukan
dengan pasti karena tergantung dukungan mayoritas parlemen.
|
2.
|
Garis tanggung jawab dalam pembuatan dan
pelaksanaan kebijakan publik jelas.
|
Parlemen menjasdi tempat kaderisasi bagi jabatan
eksekutif.
|
3.
|
Adanya pengawasan yang kuat dari parlemen
terhadap kabinet sehingga kabinet berhati-hati dalam mengerjakan tugas.
|
Kebijakan negara cenderung labil dan program
kabinet sering tidak selesai sesuai waktu yang ditentukan.
|
No.
|
SISTEM PRESIDENSIIL
|
|
KELEBIHAN
|
KELEMAHAN
|
|
1.
|
Badan eksekutif
lebih stabil kedudukannnya karena tidak tergantung parlemen.
|
Pengawasan
legislatif lebih rendah sehingga memungkinkan kekuasaan mutlak.
|
2.
|
Masa jabatan
eksekutif lebih jelas dalam jangka waktu tertentu.
|
Sistem pertanggung
jawabannya kurang jelas.
|
3.
|
Program kerja
kabinet dapat disesuaikan dengan masa jabatan kabinet.
|
Pembuatan kebijakan
pada umumnya hasil tawar menawar antara eksekutif dan legislatif sehingga
memerlukan waktu lama dan kadang keputusannya kurang tegas.
|
4.
|
Legislatif bukan
tempat kaderisasi untuk jabatan eksekutif karena dapat diisi oleh orang luar
termasuk anggota parlemen
|
DAFTAR PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar